Monday, February 9, 2009

Fenomena Dukun Cilik

Hari ini gw liat berita tentang fenomena dukun cilik di tivi. Gila banget ya masyarakat kita, sampe segitunya mengharapkan kesembuhan dari seorang manusia, bahkan anak kecil. Mungkin memang di abocah ajaib, tapi kan gak perlu segitunya juga… ampe harus antri desek-desekan, bahkan rusuh-rusuhan. Parah banget! Pada rela ngantri berlama-lama biar bisa ditanganin sama anak kecil yang dibilang dukun itu. Bayangin aja, pasien tu dukun cilik 10.000 orang per hari! Buset… bahkan tadi katanya karena desek-desekan itu, ada yang kelelahan dan pengap, terus ada yang pingsan, bahkan ada yang tewas karena antrian yang kayak gitu. Amaze banget gak sih?! Cuma karena pengen dapet keajaiban, entah kesembuhan atau macem-macem dari seorang anak kecil yang dibilang dukun.

Masih inget kan yang fenomena seorang kaya yang dermawan yang di daerah jawa (gw lupa siapa namannya) yang selalu membagi-bagikan zakat cuma-cuma untuk semua masyarakat sekitarnya yang tergolong miskin yang ternyata pembagian zakat itu membawa maut, menewaskan banyak perempuan. Ternyata harga nyawa seseorang hanya ditukar oleh uang yang gak seberapa. Sedih banget gw dengernya waktu itu…segitu miskin kah masyarakat kita? Pahal ya, kalau memang “sang dermawan” itu niat berzakat, kenapa dia gak kasih aja hartanya yang melimpah ruah itu ke BAZIS setempat, kenapa harus di pekarangan rumahnya? Mau zakat atau mau pamer sih sebenernya?? Aneh-aneh aja…

Balik lagi ke fenomena dukun cilik tadi… gw bener-bener takjub aja, kenapa masyarakat kita, di zaman yang se-modern ini percaya banget sama dukun. Bukan masalah karena kita udah ada di zaman sekarang aja sih, tapi ini lebih ke kepercayaan kita masing-masing. Kita, yang notabennya masyarakat mayoritas muslim, kenapa harus sih percaya sama dukun? itu kan sama aja musyrik karena udah menyekutukan ALLAH SWT… karena kan cuma ke Dia lah seharusnya kita gantungkan harapan kita, bukan sama manusia, apalagi dukun. Gw gak menyangsikan adanya keajaiban di dunia ini kok. Gw itu termasuk orang yang percaya dengan “miracle”, karena gw tau Allah SWT Maha Berkehendak. Tapi, kalo sampe segitunya kita menggantungkan harapan kita (harapan hidup, sehat, jodoh, dsb) sama dukun, kayaknya kita mesti banyak-banyak istigfar deh… sebelum semua terlambat.

Gw gak tau ya, sebenernya itu termasuk pengobatan alternatif atau bukan, tapi konotasi dukun itu ngebuat gw jadi miris aja dengernya. Sampe segitu banyaknya orang pergi ke dukun, berbondong-bondong untuk menyekutukan Allah. Astagfirullah… mudah-mudahan aja omongan gw ini salah dan cuma prasangka negatif gw aja… amiiin..

No comments:

Post a Comment

PINDAH

Hello (again), Jakarta! It's nice to see you.. :) Setelah merantau 2.5 tahun di kota pempek, akhirnya saya kembali kota. semoga perma...