Sunday, June 28, 2009

Raker, Raker, Raker!!

Hari minggu kemarin adalah hari yang agak aneh menurut aku.

Kenapa aneh? Pertama, jam 7 pagi di Sunday morning aku udah keluar rumah dengan pakaian rapih. Hal yang jarang sekali aku lakuin. Biasanya sih masih molor di kamar. Hehe…
Ada alesan kuat kenapa aku harus udah keluar rumah jam 7 pagi di hari minggu dengan berpakaian rapi. Hari itu ak akan menghandiri Rapat Kerja Daerah Perisai Diri Pengurus Derah DKI Jakarta (disingkat: Rakerda PD Pengda DKI) pada salah satu gedung yang berlokasi di bilangan Gatot Subroto sana. Aku menghadiri rapat itu sebagai perwakilan PD untuk unit Perguruan Tinggi dimana aku menimba ilmu (halah, bahasanya…).

Yak, Gatot Subroto adalah salah satu daerah ekslusif yang tidak tersentuh trayek kendaraan umum nampaknya memang menjadi kendala berat untuk aku yang kemana-mana berangkot ria. Biasa, merakyat. Hehe… sebetulnya sih emang karena gak punya kendaraan pribadi. ^^

Anyway, karena itulah, sehari sebelumnya aku berfikir keras gimana caranya aku bisa sampai tempat itu dengan modal yang minim (kita memang sudah harus hemat, cermat, menjunjung tinggi prinsip ekonomi. hehe). Kemudian muncullah ide brilian di otak ini. Aku akan naek bis patas trayek Senen-Blok M (bis patas andalan aku) sampai halte busway Setia Budi/ Karet, trus dari situ naik taksi, secara gedung itu berlokasi tepat di belakang POLDA Metro Jaya. Mudah dan murah bukan kedengarannya?? Nah akibat dari ke-sotoy-an aku itu, aku mengalami hari yang aneh.

Selama di bis patas yang aku naikkin itu, aku tenang-tenang aja, dengan muka lugu seolah tidak akan terjadi apa-apa. Jalur yang aku lewatin itu sama kayak biasa. Tapi aku mulai ngeh setelah udah lewatin dukuh atas. Aku mikir, “loh, loh, kok gini sih? ini jalan apa? Loh, kok gak ke Karet, Setia Budi, dkk? Kok malah nyampe di antah barantah Kuningan?”. Mulailah aku panik gak karuan. Apalagi setelah tau aku udah muter jauh sampe di perempatan Jalan Adityawarman yang menuju Blok M itu. Huwaaaah….!!! Aku panik!

Saking ngerinya, kalian tau apa yang aku lakukan? Aku minta turun di salah satu jembatan penyebarangan di jalan apa, gak tau. Gara-gara ngeliat plang jalan, kalau ke arah kanan itu ke Jl. Sudirman lagi. Nah aku kira jembatan penyebrangan tempat aku turun itu adalah shelter busway. Tapi ternyata tidak sama sekali! lagi-lagi ke-sotoy-an aku membawa aku pada jalan yang sesat. Gara-gara gak pake kacamata itu…

Sempet kebingungan gitu aku di bawah jembatan itu. Ragu, pengen nyebrang apa nggak, soalnya jembatannya sepiiii banget. Jalannya juga sepiiii banget… tapi untunglah aku bisa liat jalan di kejauhan sana. Aku liat ada jalan arteri, ada perempatan di depan sana. Akhirnya aku jalan menuju jalan besar itu, nyebrang dua kali, ke arah utara sekali, ke arah barat sekali. dan sampailah aku pada tempat untuk menunggu taksi. Akhirnya taksi itu pun datang. Tanpa ragu aku berentiin tu taksi dan naik. Huff… nyamannya…

Kalian tau kenapa aku harus bersusah payah seperti itu di jalan?? Karena aku lupa kalau hari itu Car Free Day!!! OMG!!! Setiap hari minggu di akhir bulan pasti ada Car Free Day itu. Huuuffft… dan karena itu juga aku harus membayar taksi agak mahal karena muter-muter biar gak lewatin jalan terlarang di hari itu. Capek deh!!!
Tibalah aku sampai pada gedung itu. Akhirnyaaaaa…

Rapat pun berjalan… terasa membosankan… yang aku kenal disitu hanya beberapa orang aja. Ya ampuuunn… capek deh… mana aku gak punya materi apa2 untuk aku tanyakan ke Pengda. Ampun dah… rasa-rasanya aku membawa citra buruk di podium, karena pas pertama di panggil, aku lagi ke WC, kedua di panggil aku lagi diajak ngobrol sama pelatih. tapi yasudahlah… yang penting semua selesai. Aku gak mau ah nongol lagi di acara begituan. Malu… tengsin bo!!!

Sekarang saatnya pulaaaang…

Pas turun lagi ke tempat security, aku minta ID aku lagi kan tu, sambil nanya, kalo keluar dari gedung ini, lewat mana biar bisa naik busway dari POLDA? Atau minimal naik taksi lah… si satpam nunjukkin jalan dan mengisyaratkan aku untuk jalan muterin gedung ini, karena pintu keluar harus muter katanya. Oke lah, aku turutin. Aku jalan ya, muterin gedung. Aku fikir cuma muter dikit, ternyata aku melakukan kebodohan lagi. Aku keluar dari Pintu Lobby Selatan, trus ke Lobby Barat, terus ketemu Utara, dan ahirnya pintu itu ada di dekat pintu Timur! Tapi ternyata di tutup gerbang yang itu. Aku udah firasat nih, kayaknya aku tawaf deh di gedung ini. Bener ternyata, pas aku tengok sedikit lagi, ternyata pintu Lobby Selatan di depan mata aku! Itu artinya aku kembali ke pintu tempat aku pertama keluar gedung. Ajib bener! Hahahaha… aku berharap gak satu pun peserta reker yang ngeliat ini. Tapi apesnya, aku papasan sama perserta raker tadi, dia bilang, “loh, kok lewat situ, wes?” dengan sok cool dan sedikit sotoy, aku bilang, “iya, aku mau lewat situ, mau naik taxi, tapi ternyata gerbangnya ditutup.”. terus mereka bilang, “oh, emang disitu di tutup… kalo mau lewat gerbang yang itu. Tapi jauh juga sih buat berentiin taxi atau naek busway…” capee dehh…

Lalu, seperti dapat keajaiban, aku ditawarin bareng. Tadinya sama pelatih yang bawa motor. Terus, ditawarin lagi naik mobil, dianterin sampe salemba, karena rumah beliau di utan kayu. Wiiihhh… senangnya… tapi ternyata, lagi-lagi semua di luar rencana. Pas sampe bunderan HI, kita gak boleh belok, karena ada karnaval!!! Akhirnya kita muter jauuuuh banget karena gak bisa lewat buat ke Menteng-Diponegoro-Salemba dan terpaksa ikutin jalur menuju Balai Kota-Gambir-Tugu Tani-Senen dan ikut terjebak kemacetan karena beribu-ribu orang sengaja nunggu karnaval dalam rangka menyambut HUT DKI kemarin. Maceeet banget!!! Dari bunderan HI sampe kwitang!! Huff… sepertinya memang diatur oleh Tuhan YME adanya karnaval itu saat aku dianterin pulang. Bener-bener dianterin pulang sampe Kramat Sentiong, daerah ruamhku tercinta!! ^^

Oiya, ada yang kelupaan. Karnaval itu menampilkan rombongan Ondel-Ondel, Marching Band, Sepeda Ontel, Motor Gede, Mobil-mobil antik jaman baheula, bahkan ada juga Oplet-nya si Doel dan beberapa oplet antik lain. Seru sih… karena macet jadi bisa sekalian nonton acara begituan sembari lewat, gak perlu kayak orang-orang di luar sana yang rela panas-panasan untuk nonton karnaval itu. Hehehe

Hari itu betul-betul unpredictable!!!

No comments:

Post a Comment

PINDAH

Hello (again), Jakarta! It's nice to see you.. :) Setelah merantau 2.5 tahun di kota pempek, akhirnya saya kembali kota. semoga perma...